Sabtu, 27 Februari 2016

Asal-usul Terbentuknya Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur


PLAOSAN Telaga Sarangan-Terletak di lereng Gunung Lawu tepatnya di Kecamatan Pelaosan, Magetan, Jawa Timur ini konon melimiki mitos di balik keberadaannya.
Konon dulu menurut cerita yang saya dapatkan dan pernah dibahas dalam pelajaran saat sekolah SMP, dalam pembahasan tentang asal-usul terbentuknya Telaga Pasir (Telaga Sarangan).

Dalam cerita ada dua tokoh yaitu Kyai Pasir dan Nyai Pasir, berawal dari Kyai Pasir yang sedang mencari kayu bakar di hutan menemukan sebuah telur raksasa, dan telur itu dibawa pulang oleh kyai pasir. setelah sampainya dirumah, telur itu kemudian di masak oleh nyai pasir untuk dimakan.
Setelah telur itu habis dimakan oleh kyai pasir dan nyai pasir, tak lama kemudian tubuhnya merasa panas dan gatal-gatal setelah memakan telur itu. Kemudian kyai pasir dan nyai pasir berguling-guling dan menggerus-gerus tanah lantaran seluruh tubuhnya merasa gatal.
Berdasarkan cerita masyarakat banyak yang mengatakan bahwa Kyai Pasir dan nyai pasir berubah menjadi naga raksasa yang terus menerus menggerus-gerus tanah hingga membentuk kubangan yang cukup dalam dan hingga keluarlah mata air didalamnya.
Dan kubangan ini lah yang di yakini masyarakat Magetan sebagai Telaga Pasir (Telaga Sarangan).

Mitos tentang keberadaan naga raksasa ini pun masih diyakini oleh masyarakat bahwa hingga saat ini masih ada dan masih hidup, tapi entahlah keberadaannya dimana saat ini.

Sumber :http://www.dzatmiko.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar